Bensin Oplosan

Sabtu sore saya main ke DI. Ganti tutup radiator, ganti oli, stel klep, serta mencoba menambahkan avgas pada premium.

Sudah beberapa bulan ini ada yang tidak beres dengan radiator mobil saya. Setiap harinya air radiator selalu berkurang sekitar 200 ml, sebagian menguap dan sebagian lagi berpindah ke tabung reservoir. Ternyata itu merupakan gejala bahwa radiator cap sudah tidak berfungsi baik. Radiator cap kijang bisa ditebus dengan 35 ribu perak.

Meditran SX untuk mobil bensin? Yup… jangan ragu-ragu untuk menggunakan Meditran SX untuk kendaraan berbahan bakar bensin. Walaupun Meditran SX dipasarkan sebagai pelumas kendaraan diesel, namun bisa juga diaplikasikan pada kendaraan bensin karena memiliki API Service CH4/SJ.
Karena sebelumnya saya menggunakan Prima XP, maka mesin harus di-flush dan oil filter harus diganti. Saya menggunakan DCS engine flush.

Selama ini saya tidak terlalu peduli berapa ukuran celah klep yang digunakan di mesin 5K saya. Yang penting kalau tune up, klep selalu di-stel ulang. Kali ini celah klep saya minta dibikin jadi 30 (0.30 mm) untuk in & ex, mengacu pada petunjuk di kemasan camshaft yang saya gunakan.

Mencampur avgas dengan premium? Ide bagus… Avgas dapat dicampurkan pada premium atau pertamax untuk meningkatkan oktan, tapi tidak dapat dicampurkan dengan pertamax plus. Ada kandungan bahan kimia tertentu dalam pertamax plus yang menyebabkannya tak dapat bersenyawa dengan avgas.
Jadi saat itu saya mencampur 60 ribu perak premium, 15 ml PF, serta 2 liter avgas.

Hasilnya cukup memuaskan untuk sebuah kijang bermesin 5K. Tarikan mobil terasa lebih panjang dengan celah klep 30. Ditambah dengan bensin oplosan serta Meditran SX yang lebih encer dari Prima XP, mesin terasa lebih enteng.

Tentang PF… Ini dosis PF kedua yang saya gunakan. Sepertinya PF tidak berpengaruh langsung pada mesin. Pemakaian PF pertama tidak memberikan pengaruh apapun. Konon PF berkhasiat untuk mengikat kotoran dan uap air yang terdapat pada BBM, pengaruhnya akan terasa dalam jangka panjang.

One thought on “Bensin Oplosan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>