Suspended (under investigation – please contact the BSEC)

Terhitung sejak kemarin siang, keanggotaan saya sebagai pemain di situs BlogShares telah ditangguhkan. Saya telah diduga bersalah karena berusaha mengambil keuntungan atas adanya bug dalam permainan tersebut serta tidak melaporkannya.

Well, mungkin saya memang bersalah karena telah melanggar peraturan permainan yang telah ditetapkan. Tapi menurut pandangan saya, peraturan semacam itu tidak sepantasnya dibuat. Karena terutama sebagai premium member, tidak sepantasnya seorang pemain dilibatkan untuk ikut serta melakukan pengawasan permainan sehingga diwajibkan padanya untuk melakukan pelaporan jika ditemukan bug. Adalah menjadi kewajiban bagi penyelenggara permainan untuk melakukan pengawasan itu, serta menjaga jalannya permainan sehingga transaksi yang fair tetap terpelihara.

Bagaimana jika terdapat bug? Menurut saya bug bukan merupakan isu pada level pemain, melainkan isu pada level penyelenggara. Setiap pemain sepantasnya diperbolehkan melakukan hal apapun untuk mencapai tujuan permainan — dalam hal ini adalah memperoleh laba sebesar-besarnya — selama hal itu memungkinkan. Dan jika penyelenggara menemukan hal-hal yang tidak lazim sehingga dianggap sebagai bug, maka seharusnya sesegera mungkin diambil tindakan sehingga permainan tetap berjalan secara fair.

Pada kasus yang saya alami ini, penyelenggara memilih untuk tetap menyelenggarakan permainan walaupun telah ditemukan bug sejak sekitar tiga hari lalu. Akibatnya telah ditemukan beberapa kasus yang dianggap melanggar peraturan permainan. Saya menduga kasus pelanggaran yang terjadi jumlahnya lebih banyak daripada yang telah ditemukan, dan akan sulit untuk dilakukan pelacakan.

BlogShares merupakan permainan simulasi perdagangan saham. Agar transaksi yang fair tetap terpelihara, maka sesaat setelah ditemukannya bug, penyelenggara harus segera melakukan perbaikan. Jika perbaikan tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, seharusnya penyelenggara melakukan pembekuan atas transaksi perdagangan.

Saat ini saya masih menunggu keputusan dari regulator permainan, dan sepertinya peluang saya kecil untuk dapat dinyatakan tidak bersalah. Bodo amat lah.. 😛

—————————
MENGEKSPLOITASI SERANGGA ADALAH ILEGAL: BACA PERATURAN..   😀

2 thoughts on “Suspended (under investigation – please contact the BSEC)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *